CB PANCASILA
Pembelajaran di TK SATU ATAP dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
1. Bagian awal
Kelas : LA14
Dosen :ALvensius
Alwino
Kode dosen :D5690
Waktu : Senin,
07.00 - 11.00
Jam :
TK
A :
07.30 - 09.00
TK
B : 09.30 - 11.00
Jumlah anak
didik :
TK
A :
20
TK
B :
43
Lokasi : Anggrek Rosliana VII , JL. Melati Putih RT.13/06
Anggota yang hadir :
- Muhammad Arkan (1901497703)
- Randy Alqowi (1901514331)
- Muhammad Ibnu Anggana Mulya (1901477986)
- Rama Agung (1901529794)
- Unggul Seluru Ilmarta (1901506361)
- Ignatius Ivan Pradana (19015105016)
2. Bagian Isi
Teori yang di bahas oleh dosen minggu lalu adalah membahas Tentang Undang undang dasar 1945
B. Persiapan Sebelum Mengajar :
Persiapan paling pertama sewaktu ingin mengajar adalah materi apa yang akan kita berikan kepada anak - anak di TK SATU ATAP itu dan akhirnya kita berdiskusi guru yang berada disana dan sepakat pada awal pertama mengajar kami akan mengajarkan menggambar dan mewarnai.Serta setelah ke esokan harinya seperti biasa kami bersiap siap dan berkumpul di binus Anggrek jam 06.30 mengendarai motor dan lengkap memakai almameter sebelum ke tempat tujuan dan mengajar.
C. Metode Pengajaran Yang Di Terapkan :
Untuk pengajaran pertama Kelas A kami akan mengajarkan mengenal abjad dari A
sampai Z lalu memberikan contoh gambar binatang buas dan mewarnai di pandu juga dengan guru di sana ,
Sedangkan Untuk Kelas B kami akan mengajarkan mengenal abjad dari A sampai Z
lalu memberikan contoh gambar kereta di papan tulis dan mengajarkan kepada
mereka bagaimana cara menggambar kereta tersebut.di pandu juga dengan guru di sana karna kami baru pertama kalinya mengajar dan masih kaku
D. Pengukuran kinerja Yang Sudah Di lakukan :
Baik , anak-anak pada akhirnya sudah mau berinteraksi dengan kita walaupun masih ada yang malu-malu , dan metode pengajaran yang kita lakukan sudah cukup baik.
1. Evaluasi Eksternal :
Karena kita pengalaman mengajar kita masih baru jadi kita masih kaku mengajarnya , kita harus beradaptasi dengan anak-anak agar kita dapat dengan mudah dekat dengan anak-anaknya.
2. Evaluasi Internal :
Di pertemuan pertama kami mengajar kali ini , Muhammad Arkan patut menjadi contoh bagi kami selaku teman satu kelompoknya dari H-1 dia sudah sering mengingatkan teman satu kelompoknya agar tidak terlambat dan Arkan sangat antusias saat mengajar adik-adik di tk satu atap ini.
3. Bagian Penutup
1.Hasil Kegiatan :
Hasil mengajar pada hari pertama cukup baik , anak-anak mengikuti semua kegiatan yang kami ajarkan dengan baik , walaupun masih ada yang main-main dan susah diatur , pada awal mengajar kami masih canggung untuk mengajak anak-anak untuk mengajar ,karena anak -anak mengiira kita akan mengajak bermain , sehingga perhatian yang mereja berikan berkurang .
2. Kesimpulan Hasil Kegiatan :
- Muhammad Arkan (1901497703)
Hari pertama saya mengajar, saya membantu ibu guru mengkoreksi nilai anak anak dan mengabsen
anak - anak satu persatu, selain itu saya juga mengawasi anak anak yang masih belum bisa menggambar dan membantunya ,hari pertama ini saya masih kaku dan belum terbiasa dengan situasi anak - anak yang bertanya di karnakan saya baru pertama kalinya mengajar.Saya senang bisa mengajar apalagi bercanda dan mengajak ngobrol dengan anak anak setelah menilai dan membagikannya.Mudah mudahan di pengajaran berikutnya saya sudah mulai terbiasa.
-Muhammad Ibnu Anggana Mulya (1901477986)
Hari pertama saya mengajar saya masih agak kaku untuk mengajar , karena ini pertama kalinya saya mengajarkan anak anak dengan jumlah banyak , lalu anak-anak yang belum beradaptasi dengan kita juga mempersulit saya untuk dekat dengan anak-anak.tetapi saya sangat senanng mengajari mereka , selain meningatkan softskill saya saya juga tahu cara menghadapi anak-anak.
-Randy Alqowi (1901514331)
Di hari pertama saya mengajar anak anak tk ini saya banyak ikut bernyanyi bersama mereka dari mulai baris berbaris sampai masuk kelas begitu pula di akhir pelajaran .saat mengajar , saya membantu adik adik yang kesusahan untuk menyelesaikan tugasnya seperti membantu menggambar dan untuk beberapa murid saya bantu juga mereka mewarnai gambarnya .
-Ignatius Ivan Pradana (1901510516)
Pada hari pertama saya banyak membantu anak-anak yang belum bisa menggambar dan mewarnai
,karena banyak anak-anak yang belum bisa menggambar dan mewarnai . tapi saya sangat senang bisa mengajari mereka.
-Unggul Seluru Ilmarta (1901506361)
Pada hari pertama saya memberikan contoh gambar binatang binatang buas kepada anak - anak dengan menggunakan handphone saya. saya masih deg deg kan karna ini pertama kalinya saya mengajar dan masih tidak terbiasa dengan pengajaran anak - anak.mudah mudahan untuk pengajaran ke 2 saya mudah terbiasa dan saya senang hari ini bisa mengajar,ternyata mengajar itu menyenangkan
-Rama Agung (1901529794)
Hari ini saya sangat senang mengajarkan anak-anak tk satu atap , walaupun banyak anak-anak yang takut dengan saya , tetapi saya berusaha untuk kenalan dengan anak itu , karena masih baru mungkin anak-anak itu belum terbiasa dengan saya dan teman-teman binus saya , walaupun begitu saya tetap menjalankan tugas saya dengan snyuman.
3. Next To Do :
Mudah mudahan untuk pertemuan selanjutnya kami sudah mulai berani berdiri dan mengajar di depan anak - anak secara langsung serta sudah mulai terbiasa dan membiasakan diri untuk mengajar dan juga saling bercakap cakap dengan anak - anak










Tidak ada komentar:
Posting Komentar